Aturan Baru FIFA Soal Offside Bisa Untungkan Cristiano Ronaldo

Aturan Baru FIFA Soal Offside Bisa Untungkan Cristiano Ronaldo

Berita Terbaru Aturan baru FIFA soal offside bisa menguntungkan Cristiano Ronaldo dan tim Portugal di Piala Dunia 2018 serta mengubah peta kekuatan tim-tim peserta.

Asisten wasit pada laga-laga Piala Dunia 2018 telah diinstruksikan untuk tidak gampang mengibaskan bendera jika offside-nya sangat tipis, guna memberi kesempatan tim VAR melaksanakan tugasnya, kata ketua komite wasit FIFA, Pierluigi Collina.

Rusia 2018 akan menjadi Piala Dunia pertama yang menggunakan sistem VAR (asisten video wasit).

“Jika Anda melihat beberapa asisten wasit [sama sekali] tidak mengangkat benderanya, itu bukan karena dia membuat kesalahan,” kata Collina, seperti dikutip BBC. “Itu karena dia tengah menghormati instruksi untuk tidak mengibaskan bendera.”

Mantan wasit asal Italia, Collina, berbicara pada sebuah briefing media di ajang Piala Dunia soal perwasitan, pada hari Selasa.

Advertisement

“Mereka diberitahu untuk menahan benderanya ketika ada insiden offside yang sangat tipis dan [pada saat yang sama] mungkin ada serangan yang sangat menjanjikan atau peluang mencetak gol. Karena jika asisten wasit mengibaskan bendera maka laga akan terhenti,” katanya.

“Jika asisten wasit terus menurunkan bendera dan permainan berlanjut, dan mungkin setelah itu terjadi gol, ada peluang untuk meninjau gol tadi dengan menggunakan teknologi [VAR].”

#WC18 #WorldCup2018 #WorldCup | Referees Press Conf.

We also missed earlier that Collina said: “Assistant referees have been informed to keep their flags down when there will be tight offside positions to be assessed and promising attacks. So this is not a mistake.

— The Ref Online (@therefonline) June 12, 2018

Hal ini akan menguntungkan sejumlah striker yang kurang awas terhadap pelanggaran offside seperti Cristiano Ronaldo dari Portugal dan Luis Suarez dari Uruguay.

Presiden FIFA Gianni Infantino menegaskan pada bulan Maret bahwa VAR akan digunakan di Rusia, sebagaimana telah digunakan di Liga Jerman dan Liga Italia semusim terakhir, serta diujicoba di beberapa pertandingan piala domestik Inggris musim lalu.

Tim VAR, didampingi wasit top yang masih aktif saat ini atau pensiunan wasit, akan memeriksa keputusan tentang empat jenis insiden:

Gol, termasuk terjadinya pelanggaran selama proses terjadinya serangan yang ‘tidak terlihat’ wasit; Pemberian penalti, termasuk adanya pelanggaran selama proses terjadinya serangan; Kartu merah langsung; Kasus kesalahan identitas di mana kartu merah atau kartu kuning diberikan kepada pemain yang salah.

Wasit akan menerima informasi dari tim VAR melalui earphone di telinganya. Prosedur ini ditempuh untuk fakta-fakta obyektif, seperti apakah seorang pemain offside.

Untuk keputusan yang lebih subyektif seperti kartu merah dan pemberian penalti, wasit dapat meninjau rekaman itu di sebuah monitor televisi sebelum memutuskan apakah akan mengubah keputusan awalnya.

Replay insiden melalui VAR juga akan ditampilkan di layar besar selama laga Piala Dunia dan penonton juga akan diberi tahu saat sebuah keputusan sedang dalam peninjauan dan mengapa sebuah keputusan diambil.

Berita Terkait:

  • Belum ada berita yang terkait dengan artikel ini.

 

w88.com