Gol Telat Miguel Veloso Menangkan Portugal Atas Albania 1-0

Gol Telat Miguel Veloso Menangkan Portugal Atas Albania 1-0

Portugal sukses meraup poin sempurna dalam lanjutan kualifikasi Piala Eropa 2016 dengan mencatatkan kemenangan tipis 1-0 atas tuan rumah Albania di Elbasan Arena, Selasa (8/9) dini hari WIB. Hasil tersebut memantapkan posisi Selecao di puncak Grup I sekaligus memperberat langkah Albania untuk merengkuh tiket otomatis ke babak utama turnamen.

Babak Pertama: Kemenangan dibutuhkan Portugal agar dapat memastikan tiket otomatis menuju babak utama Piala Eropa tahun depan, untuk itu mereka langsung tampil menggebrak sejak awal di markas Albania .

Dua peluang emas untuk membuka keunggulan datang di menit ke-13, sepakan kencang Cristiano Ronaldo dimentahkan Etrit Berisha, tak sampai di situ, kans kedua datang melalui tandukan Danilo yang menerpa mistar gawang usai meneruskan umpan Nani.

Portugal memegang kendali permainan dan seakan tak memberikan kesempatan bagi tuan rumah untuk mengembangkan taktik. Setengah jal laga berjalan, Berisha kembali dibuat sibuk mengamankan gawangnya, dengan menepis tembakan keras Ronaldo.

Enggan terus berada dalam tekanan lawan, Albania mencoba untuk keluar menyerang dan mendapatkan peluang berharga mereka di menit ke-37, ketika Sokol Cikalleshi menjadi pemain pertama yang mampu merepotkan Rui Patricio dengan tendangan jarak jauhnya.

Lima menit jelang babak pertama berakhir, Bernardo Silva melakukan kombinasi dengan Nani yang kemudian dilanjutkan dengan tembakan terukur ke tiang jauh namun tipis melebar dari gawang tuan rumah. Hingga turun minum, kedudukan imbang tanpa gol tak berubah.

Babak Kedua: Albania mencoba untuk memulai paruh kedua permainan dengan pendekatan berbeda, langsung mencebar ancaman. Delapan menit selepas jeda, Cikalleshi merepotkan pertahanan Portugal dengan sundulannya saat menerima sepak pojok, namun sedikit melebar.

Tiga menit berselang, giliran Portugal yang berbalik menekan. Cedric Soares yang baru masuk menggantikan posisi Vieirinha, mendapat peluang untuk memecah kebuntuan timnya, sayangnya belum berhasil usai sepakannya yang meneruskan umpan Danny belum tepat sasaran.

Tuan rumah semakin meningkatkan intensitas serangan mereka tatkala Portugal tampak mengendurkan daya gedor mereka. Cikalleshi nyaris mengejutkan pasukan Fernando Santos apabila eksekusi kerasnya di menit ke-75 tak dimentahkan tiang gawang.

Portugal pun tak tinggal diam kala pertahanan mereka mendapat serangan beruntun. Eliseu yang naik membantu serangan saat laga memasuki sepuluh menit akhir memiliki ruang untuk melepaskan tembakan langsung, sayang upayanya masih melebar tipis dari gawang Berisha.

Momen yang ditunggu Portugal akhirnya tercipta di penghujung laga, tepatnya dalam masa tambahan waktu. Sepak pojok Ricardo Quaresma sukses disambut tandukan tajam Miguel Veloso yang melesat ke gawang Albania. Selepas itu, tak banyak waktu bagi tuan rumah untuk mengubah skor dan harus menelan kekalahan menyesakkan.

Berita Terkait:

  • Belum ada berita yang terkait dengan artikel ini.

 

w88.com